Pinterest, Media Sosial Untuk Optimasi Bisnis Online yang Masih Jarang Digunakan
Setelah ada bertahun-tahun, saya cukup yakin bahwa banyak pengguna media sosial yang sudah tahu mengenai apa itu Pinterest. Bahkan meskipun tidak se-tenar dan se-viral Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya, Pinterest mungkin ingin anda pertimbangkan untuk sering digunakan dalam mengembangkan bisnis online yang sedang anda jalankan.
Alasan saya menyarankan hal tersebut tidak lain karena kehadirannya yang sangat membantu dalam menjangkau lebih banyak pengguna internet agar tahu mengenai apa yang anda tawarkan. Tidak hanya itu, dalam mengoptimasi website bisnis online, Pinterest juga perlu dipikirkan untuk dimanfaatkan karena bisa menjadi salah satu sumber backlink bagi situs utama.
Salah satu pengguna terbanyak Pinterest yang ada di dunia tentu saja adalah negara Amerika Serikat. Jika Anda memiliki website bisnis yang menyasar pasar pada negara tersebut, tentu membuat akun di Pinterest layak untuk dicoba. Namun, meskipun tidak sebanyak pengguna disana, target pasar di Indonesia juga perlu untuk tetap dijangkau terutama untuk mendapatkan manfaat optimasi situs utama kita.
Sebagai salah satu dari 7 media sosial untuk bisnis online, kita kerap mendapatkan hasil penelusuran di Google yang menampilkan konten berupa gambar dari Pinterest dari berbagai akun yang berbeda-beda. Ini artinya bahwa penawaran bisnis online anda akan semakin banyak menjangkau lebih banyak pengguna terutama pengguna Google atau mesin pencari lainnya agar bisa menemukan bisnis anda.
Contoh dari manfaat yang bisa didapatkan bisnis anda adalah misalnya anda berjualan jilbab di berbagai marketplace populer di Indonesia dan juga website anda sendiri. Ketika akan menggunakan Pinterest, maka berbagai foto jilbab bisa anda unggah sesuka hati yang kemudian diarahkan untuk menuju situs utama atau toko online.
Selain itu, peluang untuk mendominasi hasil penelusuran di Google juga bisa anda rasakan ketika semakin banyak pengguna yang melakukan Pin ulang terhadap tautan produk yang anda bagikan di Pinterest.
Bahkan, coba buka Facebook anda dan lakukan pencarian disana dengan mengetikkan kata kunci yang serupa atau mirip dengan "optimasi blog dengan Pinterest." Sudah banyak yang saya temukan membagikan hasil tangkapan layar alat analitik situs atau blognya yang mendapatkan banyak atau hingga ribuan pengunjung per hari dengan memanfaatkan Pinterest.
Teknik optimasi off-page seperti ini memang belumlah terlalu populer dibandingkan dengan membangun backlink situs melalui PBN (jaringan blog pribadi). Namun, hasilnya ternyata tidak main-main karena dapat memberikan peluang bagi situs bisnis online anda untuk masuk ke halaman pencarian Google di halaman 1.
Minimal, dengan mencoba membangun akun bisnis Pinterest anda, tidak banyak yang harus anda lakukan dan juga tidak begitu merepotkan dibandingkan dengan menulis artikel dan membangun backlink untuk optimasi situs utama. Modalnya cukup dengan share link saja dan memberikan judul serta deskripsi. Selain itu, sesekali hanya dengan membagikan gambar atau video tanpa harus disertai link atau bahkan membuat board khusus untuk re-pin konten akun Pinterest lainnya.
Minimal yang bisa anda lakukan adalah, coba perhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis online anda. Jika diantara mereka bahkan belum mengoptimasi situsnya dengan mengembangkan akun Pinterest, maka anda bisa mendahului pesaing anda dalam menerapkan strategi optimasi situs yang ramah mesin pencari ini. Selamat mencoba.
Alasan saya menyarankan hal tersebut tidak lain karena kehadirannya yang sangat membantu dalam menjangkau lebih banyak pengguna internet agar tahu mengenai apa yang anda tawarkan. Tidak hanya itu, dalam mengoptimasi website bisnis online, Pinterest juga perlu dipikirkan untuk dimanfaatkan karena bisa menjadi salah satu sumber backlink bagi situs utama.
Salah satu pengguna terbanyak Pinterest yang ada di dunia tentu saja adalah negara Amerika Serikat. Jika Anda memiliki website bisnis yang menyasar pasar pada negara tersebut, tentu membuat akun di Pinterest layak untuk dicoba. Namun, meskipun tidak sebanyak pengguna disana, target pasar di Indonesia juga perlu untuk tetap dijangkau terutama untuk mendapatkan manfaat optimasi situs utama kita.
Sebagai salah satu dari 7 media sosial untuk bisnis online, kita kerap mendapatkan hasil penelusuran di Google yang menampilkan konten berupa gambar dari Pinterest dari berbagai akun yang berbeda-beda. Ini artinya bahwa penawaran bisnis online anda akan semakin banyak menjangkau lebih banyak pengguna terutama pengguna Google atau mesin pencari lainnya agar bisa menemukan bisnis anda.
Contoh dari manfaat yang bisa didapatkan bisnis anda adalah misalnya anda berjualan jilbab di berbagai marketplace populer di Indonesia dan juga website anda sendiri. Ketika akan menggunakan Pinterest, maka berbagai foto jilbab bisa anda unggah sesuka hati yang kemudian diarahkan untuk menuju situs utama atau toko online.
Selain itu, peluang untuk mendominasi hasil penelusuran di Google juga bisa anda rasakan ketika semakin banyak pengguna yang melakukan Pin ulang terhadap tautan produk yang anda bagikan di Pinterest.
Bahkan, coba buka Facebook anda dan lakukan pencarian disana dengan mengetikkan kata kunci yang serupa atau mirip dengan "optimasi blog dengan Pinterest." Sudah banyak yang saya temukan membagikan hasil tangkapan layar alat analitik situs atau blognya yang mendapatkan banyak atau hingga ribuan pengunjung per hari dengan memanfaatkan Pinterest.
Teknik optimasi off-page seperti ini memang belumlah terlalu populer dibandingkan dengan membangun backlink situs melalui PBN (jaringan blog pribadi). Namun, hasilnya ternyata tidak main-main karena dapat memberikan peluang bagi situs bisnis online anda untuk masuk ke halaman pencarian Google di halaman 1.
Minimal, dengan mencoba membangun akun bisnis Pinterest anda, tidak banyak yang harus anda lakukan dan juga tidak begitu merepotkan dibandingkan dengan menulis artikel dan membangun backlink untuk optimasi situs utama. Modalnya cukup dengan share link saja dan memberikan judul serta deskripsi. Selain itu, sesekali hanya dengan membagikan gambar atau video tanpa harus disertai link atau bahkan membuat board khusus untuk re-pin konten akun Pinterest lainnya.
Minimal yang bisa anda lakukan adalah, coba perhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis online anda. Jika diantara mereka bahkan belum mengoptimasi situsnya dengan mengembangkan akun Pinterest, maka anda bisa mendahului pesaing anda dalam menerapkan strategi optimasi situs yang ramah mesin pencari ini. Selamat mencoba.