7 Media Sosial Untuk Bisnis Online, Sudah Pakai Semuanya?
Media sosial saat ini tidak hanya menjadi jaringan online untuk mempererat persaudaraan atau sekedar meng-update apa yang teman Anda lakukan saat ini. Lebih dari itu, bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan pengembangan bisnis online Anda.
Dan pada kenyataannya, sudah bertahun-tahun pebisnis telah memanfaatkan kehadiran media sosial untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
Hal ini didukung dengan banyaknya pengguna dan berbagai layanan seperti periklanan online yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis apapun untuk menjangkau lebih banyak konsumen sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan juga tentunya.
Dan tanpa menunggu lama-lama, berikut beberapa atau 7 daftar diantaranya yang menurut saya harus digunakan oleh seorang pebisnis terutama untuk menjalankan bisnis online:
Dan pada kenyataannya, sudah bertahun-tahun pebisnis telah memanfaatkan kehadiran media sosial untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.
Hal ini didukung dengan banyaknya pengguna dan berbagai layanan seperti periklanan online yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis apapun untuk menjangkau lebih banyak konsumen sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan juga tentunya.
7 media sosial populer yang harus Anda gunakan untuk memulai dan mengembangkan bisnis online
Berbagai jaringan media sosial yang harus Anda ketahui ini beberapa diantaranya sebenarnya tidak asing lagi. atau jangan-jangan mungkin Anda sudah memiliki akun disana selama bertahun-tahun dan tetap aktif menggunakannya.Dan tanpa menunggu lama-lama, berikut beberapa atau 7 daftar diantaranya yang menurut saya harus digunakan oleh seorang pebisnis terutama untuk menjalankan bisnis online:
- YouTube
- Tumblr
Untuk YouTube, salah satu popularitasnya adalah karena ia juga ternyata dianggap sebagai salah satu mesin pencari populer yang ada di dunia. Bahkan karena banyaknya yang menggunakan untuk mencari informasi, YouTube bahkan telah menjadi mesin pencari kedua terpopuler setelah Google.
Akan tetapi, sulit rasanya untuk tidak menganggapnya sebagai sebuah media sosial dari banyaknya jaringan yang ada. Tidak hanya karena fiturnya yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna untuk berinteraksi namu kenyataannya, banyak yang menyebutnya sebagai media sosial juga.
Apalagi, pemasaran bisnis semakin populer dengan hadirnya konten dalam bentuk video dan juga YouTube sendiri memungkinkan bagi pebisnis untuk menjangkau pelanggan melalui layanan periklananannya.
Beda halnya dengan Tumblr yang sebenarnya dianggap sebagai platform blog untuk membuat blog atau website. Namun karena fitur yang tersedia juga sangat mendukung, maka tidak salah sepertinya jika dianggap sebagai suatu media sosial bagi penggunanya.
Penggunaan media sosial diatas bisa untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu bisnis. Bahkan, kehadirannya bisa sangat membantu untuk dimanfaatkan sebagai sumber lalu lintas situs atau metode optimasi situs bisnis utama agar bisa bersaing dengan mudah di mesin pencari.
Bahkan meskipun bisnis Anda hanya memanfaatkan marketplace yang ada untuk menjual produk, Anda tetap bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan toko online Anda di marketplace yang digunakan tersebut.
Tidak hanya dengan membagikan link saja, namun juga memungkinkan untuk menggunakan layanan periklanan media sosial untuk mempromosikan produk Anda di marketplace yang digunakan.
Menariknya, beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram juga semakin populer digunakan untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung ke website utama.
Namun tidak hanya itu saja, banyak pebisnis online yang bahkan fokus melakukan transaksi dengan pelanggan dengan hanya bermodalkan media sosial.
Hal yang tak kalah menariknya lagi, Facebook bahkan memiliki marketplace-nya sendiri untuk memfasilitasi pebisnis dan pelanggan untuk saling bertemu secara online sambil tetap terhubung atau berkomunikasi lewat chat atau status dari teman atau keluarga penggunanya.
Ibaratnya, silaturahmi bisa tetap berjalan sambil membeli atau menjual produk di media sosial.
Jika salah satu atau dua media sosial diatas belum Anda manfaatkan, saya rekomendasikan untuk mencobanya terlebih dahulu dalam mengembangkan bisnis Anda. Tidak ada salahnya.
Karena bisa jadi, media sosial adalah jaringan utama bisnis Anda untuk memperkenalkan produk atau jasa dan mendapatkan pelanggan yang fungsinya bahkan bisa mengungguli website bisnis itu sendiri.