Vital! Ini Peran Customer Service Bagi Bisnis Online
Apa saja yang Anda butuhkan untuk membangun kerajaan bsinis online? Modal yang melimpah tidaklah cukup, namun Sumber Daya Manusia yang unggul dan tangguh untuk menjalankan bisnis itu wajib ada. Dan pada suatu titik, Anda akan membutuhkan Customer Service (CS) karena peranannya yang begitu penting.
Diperlukannya CS ini tidak lepas dari keharusan bagi suatu bisnis itu sendiri untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi konsumen dalam berbagai bentuk.
Disisi lain, customer service adalah jembatan penghubung antara bisnis dengan pelanggannya atau antara produsen dan konsumen. Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka peluang untuk mengembangkan bisnis secara lebih mudah dan cepat juga akan semakin besar.
Lalu, apa saja peran penting Customer Service bagi bisnis Anda? Simak daftarnya dibawah ini.
Dan, tidak semua yang kita dapatkan sesuai dengan ekspektasi yang kita harapkan. Akhirnya, kita pun kadang mengeluh, memberikan kritik pedas dan lain sebagainya terhadap bsinis tempat kita membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.
Siapakah yang akan kita cari pertama kali untuk membicarakan hal tersebut? Saya yakin bahwa 100% dari kita semua akan mencari bagaimana kita bisa menghubungi customer servicenya bukan?
Yang pertama dihubungi tentunya adalah CS untuk mengetahui bagaimana prosedurnya.
Dan pada kenyataannya, Customer Service sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan dasar untuk mengatasi berbagai permasalahan yang bisa terjadi.
Tidak hanya itu, banyak bisa kita temui secara online, ada begitu banyak konsumen yang bahkan menanyakan bagaimana cara melakukan transaksi online atas produk yang kita iklankan. Padahal, di website bisnis kita sendiri sudah ada panduannya.
Tapi mau bagaimana lagi, banyak pelanggan yang memang kadang tidak mengetahui atau bahkan sengaja menyepelekan informasi tersebut dan lebih nyaman untuk bertanya langsung.
Kalau pertanyaan-pertanyaan dan kasus tersebut tidak ada yang menanganinya, maka bisa jadi penjualan toko online kita pun akan sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan.
Customer Service juga biasanya dibekali berbagai informasi dan pengetahuan dasar tentang layanan atau produk yang kita tawarkan pada konsumen untuk mengantisipasi berbagai informasi yang mungkin saja akan ditanyakan maupun untuk mencegah iformasi yang salah.
Bahkan, terkhusus untuk bisnis online, tim Customer Service juga tidak jarang dilibatkan untuk membantu secara langsung pemasaran produk dari yang awalnya hanya sebagai calon konsumen yang tanya-tanya bisa berubah menjadi pelanggan tetap atau pembeli.
Jika kita menelusuri informasinya secara online, banyak pebisnis yang memanfaatkan CS untuk bisa melakukan hal itu.
Tidak hanya fokus bagaimana mereka bisa melakukan closing (konsumen melakukan transaksi) namun juga bagaimana pelanggan tersebut kedepannya bisa loyal terhadap bisnis yang kita tawarkan.
Kegiatan ini berlangsung secara terus-menerus dan sangat dibutuhkan SDM yang tahu bagaimana bekerja dengan tanggung jawab tersebut. Secara singkat, jawabannya ya ada pada bagaimana CS bisa mengetahui cara melakukannya.
Hal penting lain yang juga perlu Anda sadari mengenai peran Customer Service ini adalah, secara umum, adanya tim tersebut juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan oleh bisnis online.
Diperlukannya CS ini tidak lepas dari keharusan bagi suatu bisnis itu sendiri untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi konsumen dalam berbagai bentuk.
Disisi lain, customer service adalah jembatan penghubung antara bisnis dengan pelanggannya atau antara produsen dan konsumen. Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka peluang untuk mengembangkan bisnis secara lebih mudah dan cepat juga akan semakin besar.
Lalu, apa saja peran penting Customer Service bagi bisnis Anda? Simak daftarnya dibawah ini.
1. Mengetahui berbagai saran, kritik, hingga keluhan pelanggan terhadap suatu bisnis
Sepertinya kita semua juga adalah konsumen. Kita melakukan berbagai transaksi dengan membeli barang atau jasa tertentu yang dibutuhkan.Dan, tidak semua yang kita dapatkan sesuai dengan ekspektasi yang kita harapkan. Akhirnya, kita pun kadang mengeluh, memberikan kritik pedas dan lain sebagainya terhadap bsinis tempat kita membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.
Siapakah yang akan kita cari pertama kali untuk membicarakan hal tersebut? Saya yakin bahwa 100% dari kita semua akan mencari bagaimana kita bisa menghubungi customer servicenya bukan?
2. Menenangkan dan mencari solusi atas permasalahan pelanggan
Contoh kasus untuk peran penting CS yang kedua ini misalnya ketika ada pembeli yang ingin mengembalikan (return) produk.Yang pertama dihubungi tentunya adalah CS untuk mengetahui bagaimana prosedurnya.
Dan pada kenyataannya, Customer Service sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan dasar untuk mengatasi berbagai permasalahan yang bisa terjadi.
Tidak hanya itu, banyak bisa kita temui secara online, ada begitu banyak konsumen yang bahkan menanyakan bagaimana cara melakukan transaksi online atas produk yang kita iklankan. Padahal, di website bisnis kita sendiri sudah ada panduannya.
Tapi mau bagaimana lagi, banyak pelanggan yang memang kadang tidak mengetahui atau bahkan sengaja menyepelekan informasi tersebut dan lebih nyaman untuk bertanya langsung.
Kalau pertanyaan-pertanyaan dan kasus tersebut tidak ada yang menanganinya, maka bisa jadi penjualan toko online kita pun akan sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan.
3. Customer Service sebagai "gudang" segala informasi tentang suatu bisnis
Semakin kaya informasi bisnis onine yang kita publikasikan, semakin baik. Namun, publikasi bukanlah satu-satunya hal yang harus dilakukan untuk pengembangan website bisnis atau toko online di marketplace.Customer Service juga biasanya dibekali berbagai informasi dan pengetahuan dasar tentang layanan atau produk yang kita tawarkan pada konsumen untuk mengantisipasi berbagai informasi yang mungkin saja akan ditanyakan maupun untuk mencegah iformasi yang salah.
4. Membantu tim penjualan dalam hal pemasaran
Ketiga poin ditas itu bisa kemudian menjadikan suatu bisnis online semakin terpercaya. Dan pada akhirnya, tingkat penjualan produk pun bisa terjawab dari secepat apa informasi yang dibutuhkan pelanggan bisa didapatkan dengan mudah.Bahkan, terkhusus untuk bisnis online, tim Customer Service juga tidak jarang dilibatkan untuk membantu secara langsung pemasaran produk dari yang awalnya hanya sebagai calon konsumen yang tanya-tanya bisa berubah menjadi pelanggan tetap atau pembeli.
5. Membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen
Salah satu target pemasaran yang harus pebisnis online capai adalah bagaimana satu konsumen bisa melakukan pembelian produk berkali-kali.Jika kita menelusuri informasinya secara online, banyak pebisnis yang memanfaatkan CS untuk bisa melakukan hal itu.
Tidak hanya fokus bagaimana mereka bisa melakukan closing (konsumen melakukan transaksi) namun juga bagaimana pelanggan tersebut kedepannya bisa loyal terhadap bisnis yang kita tawarkan.
Kegiatan ini berlangsung secara terus-menerus dan sangat dibutuhkan SDM yang tahu bagaimana bekerja dengan tanggung jawab tersebut. Secara singkat, jawabannya ya ada pada bagaimana CS bisa mengetahui cara melakukannya.
Hal penting lain yang juga perlu Anda sadari mengenai peran Customer Service ini adalah, secara umum, adanya tim tersebut juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan oleh bisnis online.