9 Manfaat Membuat Halaman Facebook Untuk Bisnis Anda

Jika Anda ingin menggunakan Facebook untuk memperkenalkan bisnis Anda, sulit rasanya untuk tidak memanfaatkan fasilitas atau fitur pembuatan halaman (fanpage).

Bagaimana tidak, pembuatan halaman Facebook memang bisa secara khusus untuk dipergunakan oleh pebisnis online karena sudah banyak fitur yang tersedia untuk berbagai kepentingan. Jangankan untuk bisnis, fitur untuk komunitas atau perkumpulan organisasi tertentu saja disediakan. Apalagi untuk meraup keuntungan.

Apalagi, untuk membuat Halaman Facebook itu sangatlah mudah dan bahkan hanya memerlukan beberapa menit saja.

Apa saja manfaat Fanpage Facebook yang bisa didapatkan bisnis Anda?

Ketika Anda sudah memiliki Halaman Facebook untuk bisnis Anda, pengelolaannya pun bisa dikatakan tidak merepotkan. Bahkan bisa dianggap sama saja dengan Anda menggunakan akun pribadi.

Bedanya hanya pada kecanggihan fitur yang disediakan seperti yang telah saya katakan diawal.

Manfaat halaman atau fanpage Facebook bagi bisnis

Untuk mengetahui fitur apa saja yang bisa digunakan sekaligus menjadi manfaat dari fanspage itu sendiri, simak selengkapnya daftar peran pentingnya dibawah ini.

1. Halaman Facebook bisa dipahami oleh pengguna sebagai tempat khusus lain untuk mengetahui informasi bisnis Anda

Pernah lihat halaman Facebook yang hanya berisi status lucu-lucu saja? Atau bagaimana dengan halaman yang khusus mempublikasikan motivasi dalam bentuk kata-kata mutiara?

Semakin konsisten sebuah halaman mempublikasikan konten yang sesuai dengan tujuan utamanya, maka semakin memudahkan pula pengguna untuk mengetahui tujuan pembuatan halaman tersebut.

Hal yang sama bisa Anda aplikasikan untuk bisnis Anda dimana Anda leluasa untuk menerbitkan konten atau informasi bisnis maupun mengkombinasikannya dengan jenis konten lainnya jika diperlukan.

2. Sebagai media untuk memastikan bahwa pelanggan Anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru bisnis yang dijalankan

Produk Anda sedang dalam masa promo atau diskon? Atau, perusahaan Anda sedang menjalankan program CSR yang membantu masyarakat? Kenapa tidak diinformasikan juga di Facebook melalui halaman (kanal) khusus yang bernama fanpage?

Dengan begitu, baik konsumen baru maupun pelanggan yang telah lama setia pada bisnis Anda bisa tetap mengikuti perkembangan atas apa yang telah dilakukan bisnis Anda sejauh ini.

3. Layanan periklanan Facebook wajib memiliki fanpage

Dalam menjalankan bisnis online, mau tidak mau Anda juga kelak akan mengenal dunia periklanan. Dan Facebook telah menghadirkan layanan khusus itu dimana persyaratan utamanya adalah Anda harus membuat fanpage terlebih dahulu untuk bisa menggunakan jaringan iklannya.

Akun pribadi sebenarnya juga sudah cukup. Hanya saja, fitur dan profesionalitas dalam mengelola bisnis akan lebih baik dipisahkan dengan aktivitas akun pribadi Anda.

4. Audiens yang menyukai halaman Facebook Anda adalah pembeli potensial

Coba perhatikan pola penggunaan Facebook Anda sendiri dalam kaitannya dengan Like halaman tertentu. Kemungkinan besar, halaman yang Anda ikuti kebanyakan adalah halaman yang mayoritas tidak berhubungan dengan bisnis secara langsung.

Contohnya seperti halaman khusus status lucu-lucu atau motivasi seperti yang saya akatakan diatas.

Namun bisa jadi, Anda juga mengikuti perkembangan bisnis perusahaan tertentu karena ingin mendapatkan banyak manfaat dari setiap informasi yang dipublikasikan, bukan?

Dan saya sangat yakin bahwa Anda melakukannya adalah juga karena Anda sedang atau pernah membeli produk dari halaman Facebook yang Anda Like tersebut.

Lakukan hal yang sama terhadap bisnis Anda dengan membuat halaman baru Facebook juga agar konsumen Anda semakin mudah mendapatkan informasi dari bisnis yang sedang Anda jalankan karena tingkat konversinya cukup tinggi sebab bisa dengan sukarela ingin meng-update informasi terbaru dari halaman tersebut.

5. Mengurangi biaya iklan online terutama di Facebook

Bayangkan jika halaman Facebook bisnis yang Anda buat bisa di Like dan diikuti oleh ribuan bahkan mungkin ratusan ribu pengguna. Maka dengan hanya memperkenalkan produk yang baru Anda rilis, Anda sudah berpeluang untuk mendapatkan begitu banyak pelanggan tanpa mengelaurkan iklan sekalipun.

Kedepannya, Anda bahkan bisa sangat menghemat biaya iklan seara besar-besaran bukan?

6. Adanya alat analisis untuk mengetahui lebih jauh audiens Facebook Anda

Halaman Facebook memiliki alat analisis yang disebut sebagai "Insights" untuk membantu pengelola halaman mengetahui demografi dan perilaku serta berbagai aktivitas yang dilakukan pengguna dalam akun yang dikelola.

Hal ini juga bisa ditemukan dalam alat periklanan yang ada.

Dengan alat analisis tersebut, Anda bahkan bisa menganalisis keterhangkauan status yang Anda publikasikan di halaman tersebut untuk selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai rencana pengunggahan status kedepannya.

Alat analisis ini yang tidak bisa Anda temukan dalam penggunaan akun Facebook personal.

7. Jumlah Fans (pemirsa) yang tidak terbatas

Kalau saya tidak salah, khusus akun personal di Facebook, Anda hanya bisa berteman dengan maksimal 5.000 pengguna saja.

Sedangkan untuk pengelolaan halaman, fanpage yang dibuat tersebut sepertinya tidak ada pembatasan jumlah pengguna yang bisa menjadi penggemar atau pengikut halaman tersebut.

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak pemirsa (pelanggan).

8. Informasi yang diterbitkan pada halaman Facebook juga ditampilkan pada Newsfeed audiens yang mengikuti

Sama halnya dengan pengguna yang berteman atau mengikuti akun pribadi Facebook Anda, status pada halaman Facebook juga ditampilkan secara otomatis di Beranda atau Newsfeed pengikutnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir bahwa status tersebut tidak akan terlihat oleh konsumen bisnis Anda.

Secara umum, apa yang bisa dilakukan oleh akun pribadi Facebook Anda juga bisa dengan mudah dirasakan manfaatnya untuk halaman yang Anda buat.

9. Profesionalitas

Jika website bisnis adalah salah satu cara Anda menjangkau dan memberikan informasi kepada konsumen, maka media sosial seperti Facebook juga bisa dilakukan dengan menampilkan bisnis Anda secara profesional.

Bahkan fitur dasarnya bisa membantu pemirsa untuk menghubungi bisnis Anda dengan adanya fitur seperti menampilkan Kontak hp atau email, website yang bisa dikunjungi, fitur pendaftaran, lokasi bisnis dan masih banyak lagi untuk tampil dengan kesan profesional.