Jangan Pikirkan Mau Berbisnis Apa, Tapi Rencanakan Strateginya

Saat akan memulai bisnis terutama yang berbasis digital (online), banyak yang berpikir dan bertanya kemana-mana mengenai bisnis apa yang menguntungkan. Padahal kita tahu sendiri bahwa orang yang jualan tai ayam saja bisa untung milyaran kalau tahu cara menjalankan bisnisnya.

Oleh karena itu, yang penting untuk dipikirkan adalah bagaimana Anda melakukan perencanaan mengenai strategi bisnis apa saja yang harus dilakukan.

Kita tahu bersama bahwa tidak ada 1 strategi yang bisa kita terapkan pada semua jenis bisnis. Kadang orang lain berhasil membangun kerajaan bisnisnya dengan beberapa strategi dan jika diterapkan oleh orang lain, strategi tersebut justru tidak berhasil.

Kenapa harus memikirkan strategi bisnis online?

Karena pada dasarnya, bisnis yang berhasil adalah bisnis yang menemukan strategi yang tepat untuk diterapkan. Itupun kalau sudah berjalan, kita masih tetap harus memikirkan strategi lainnya sebagai cadangan.

Karena tiap waktu, konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor untuk memutuskan apakah harus melakukan transaksi atau tidak.

Tenaga kesehatan seperti dokter saja yang kebanyakan manusia mengakuinya mampu mengobati pasien masih kalah dengan dukun atau praktisi pengobatan tradisional. Apalagi dalam hal berbisnis.

Yang harus Anda sadari juga adalah, bisa jadi bisnis yang Anda jalankan saat ini sudah banyak juga ditawarkan di pasaran. Lalu, dengan cara apa Anda bisa tetap bertahan?

Maka jawabannya adalah strategi bisnis seperti apa yang harus Anda coba gunakan.

Baca: 5 Alasan Foto Berkualitas Tinggi Penting Bagi Bisnis Online

Belum lagi, pesaing Anda bisa jadi memiliki SDM yang lebih unggul, dana yang lebih banyak, pemahaman pemasaran online yang lebih lengkap dari Anda. Pokoknya dari berbagai sudut, Anda kalah.

Karena itu, yang perlu Anda pikirkan adalah membuat daftar strategi bisnis yang akan Anda jalankan.

Seistimewa apapun Anda dan bisnis tersebut, akan kalah sama yang memiliki strategi yang lebih solid.

Jangan ke-pede-an deh dengan berpikir pasti bisnis Anda akan diterima pasar dengan baik. Karena belum tentu hal itu bisa terwujud jika strategi bisnis yang Anda gunakan keliru atau bahkan salah.

Apalagi jika tidak punya strategi khusus, maka siap-siaplah dikecewakan oleh diri Anda sendiri.

Saat Anda memutuskan untuk berbisnis online, maka ada begitu banyak kompetitor yang melebihi Anda dengan serentetan strategi yang mungkin belum mampu Anda pikirkan.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan Anda dan juga bisnis Anda sendiri yang bisa membantu Anda untuk bertahan lebih lama dan lebih baik dari pebisnis lainnya.

Contoh sederhana yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Jika pesaing Anda bekerja hanya 8 jam sehari, coba lakukan lebih dari mereka.
  2. Jika website utama Anda tidak mendapatkan pengunjung dan penjualan, coba jual produk di marketplace.
  3. Jika pembeli tidak datang dengan sendirinya, coba gunakan iklan di berbagai jaringan periklanan yang ada.
  4. Jika Facebook membuat produk Anda lebih terkenal, jangan terlalu fokus di media sosial lainnya.
  5. Jika konsumen belum bisa menghubungi Anda lewat WhatsApp, coba segera diperbaiki masalah tersebut.
  6. Coba hubungi influencer jika Anda belum pernah bekerjasama sebelumnya apalagi jika ada dana untuk itu.
Dan masih banyak lagi strategi lainnya yang bisa Anda pikirkan dan terapkan. Menariknya, terkadang strateginya sudah ada dan Anda ketahui, hanya mungkin terlalu disepelekan.

Padahal, bisa jadi strategi tersebut bisa sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis online kedepannya.